Kelurahan Mojosongo (Jawa: ꦩꦗꦱꦔ, translit. Majasanga) adalah sebuah kelurahan di kecamatan Jebres, Surakarta. Kelurahan ini memiliki kode pos 57127. Provinsi Jawa Tengah.

Kalurahan Mojosongo terletak paling utara di kota Surakarta. Bentuk topografi berbukit-bukit dan merupakan dataran tertinggi di kota Surakarta. Program pemerintah kepemimpinan wali kota JOKOWI – RUDI, membuat perubahan yang sangat luar biasa di kalurahan Mojosongo.

Semula kalurahan Mojosongo terpinggirkan dan kurang diperhatikan. Sekarang kemajuan pembangunan terutama sarana dan prasarana mulai tampak. Banyak investor atau pengembang mulai melirik wilayah Mojosongo ini, sehingga tampak beberapa perumahan bermunculan dan perusahaan mulai membangun di wilayah ini. Pertimbangan salah satunya adalah harga tanah yang masih relatif murah dan Mojosongo adalah wilayah yang bebas banjir.

Kelurahan Mojosongo merupakan kelurahan terbesar di Surakarta terdapat Tempat Pembuangan Sampah Putri Cempo. TPS Putri Cempo ini merupakan pusat pembuangan sampah di kota Surakarta.

Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres merupakan salah satu Kelurahan diantara 51 Kelurahan yang ada di Kota Surakarta.. Letak geografis Kelurahan Mojosongo antara 100BT – 111BT dan berada pada ketinggian 80-130 diatas permukaan laut. Luas wilayah di Kelurahan Mojosongo termasuk wilayah yang luas dibandingkan dengan Kelurahan yang ada di Kecamatan Jebres lainnya, yakni 532,927 Ha. Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres dibagi menjadi 37 Rukun Warga dan 186 Rukun Tetangga. Kelurahan Mojosongo juga memiliki beberapa fasilitas sarana antara lain sebagai berikut :

  • Sarana Pemerintahan Kelurahan. Meliputi : Balai Kelurahan, Kantor Kelurahan, LPMK, Rumah Dinas Lurah, Pokdarwis dan Linmas.
  • Sarana Perekonomian. Meliputi : Pasar, Koperasi Simpan Pinjam, Bank
  • Sarana Kesehatan. Meliputi : Rumah Sakit, Puskesmas, Rumah Bersalin, Posyandu Balita dan Lansia
  • Sarana Tempat Ibadah. Meliputi : 70 Masjid, 20 Mushola, 4 Pondok Pesantren dan 20 Gereja.
  • Sarana Pendidikan :  7 PAUD/TPA, 6 TK, 15 SD, 1 SDIT, 1 SMP, 1 SMA, 4 Perguruan Tinggi, 2 Pepustakaan dan 1 Taman Cerdas.

Selain fasilitas sarana yang ada di Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres juga terdapat 17 Kelompok Seni, 7 Sanggar, Tempat Wisata Goa Maria serta Pusat Kerajinan Sangkar Burung yang berada di RW 4.
Jumlah penduduk di wilayah Kelurahan Mojosongo ±50.549 Jiwa, dengan jumlah Kepala Keluarga ±13.720. Mayoritas penduduk memeluk agama Islam ±32.867, sisanya memeluk agama Kristen Protestan, Kristen Khatolik, Hindu dan Budha.